Perbedaan Sablon Waterbase dan Plastisol

Published on Author Wina SartikaLeave a comment

Perbedaan Sablon Waterbase dan Plastisol

Perbedaan sablon waterbase dan plastisol dapat dilihat dari berbagai macam hal. Urusan sablon menyablon tentu sudah tidak asing lagi bagi perusahaan atau bisnis konveksi Pesan kaos surabaya. Terdapat berbagai macam jenis tinta yang biasa digunakan untuk menyablon kaos. Yang paling familiar diantaranya ialah tinta waterbase atau biasa disebut rubber dan tinta plastisol.

Keduanya memiliki karakteristik, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Adapun tinta waterbase ialah tinta yang memanfaatkan pewarna yang menggunakan air sebagai pelarut. Meski demikian, tidak berarti air sebagai pelarut utama dalam tinta jenis ini.

Sedangkan untuk tinta sablon plastisol merupakan tinta yang berbahan dasar Poly Vinyl Chloride (PVC) dan juga plasticizer yang berbahan minyak.

Sablon rubber waterbase
Sablon rubber waterbase
sablon plastisol high density
sablon plastisol high density

Perbedaan Sablon Waterbase dan Plastisol

  1. Dari segi bahan

Sablon waterbase merupakan sablon dengan pelarut air sehingga apabila dicuci beberapa kali, sablon akan retak. Biasanya sablon jenis ini akan retak dalam kurun waktu 3 sampai 4 bulan. Sedangkan sablon plastisol yang merupakan oil base, ia lebih awet dan tidak akan retak meskipun telah dicuci berkali-kali, bahkan hingga kaos rusak.

  1. Dari segi sifat

Sablon waterbase lebih mudah kering. Dapat dikeringkan dengan menggunakan kipas angin ataupun hairdryer. Sedangkan untuk sablon plastisol, tidak bisa kerig dengan sedirinya. Jenis tinta ini akan kering setelah diekringkan dengan suhu di atas 160 derajat celcius.

  1. Dari segi kegunaan

Sablon waterbase biasanya digunakan untuk menyablon di atas kain yang berwarna gelap. Hal ini dikarenakan waterbase memiliki sifat pekat, serta mampu menutup kain dengan sempurn. Sedangkan plastisol digunakan untuk menciptakan kesan yang menakjubkan pada hasil sablon seperti higt density. Biasanya hasilnya akan lebih rekat dengan warna yang mengkilap.

  1. Dari segi harga

Sablon waterbase memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan sablon plastisol. Hal ini dapat dilihat dari kualitas yang diberikan. Sablon plastisol mampu memberikan hasil sablon yang maksimal dan tahan lama.

Demikian ulasan tentang perbedaan sablon waterbase dan plastisol. Dapat disimpulkan bahwa sablon plastisol ini memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan waterbase, meskipun harganya juga sedikit lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *